Kista Ginjal, Pengertian serta Tanda-Tanda dan Gejalanya

Ginjal merupakan dua organ yang berbentuk kacang dengan fungsi utama yaitu menyaring kotoran dari darah Anda yang selanjutnya dibuang dalam bentuk urin. Organ ini terletak pada bagian bawah tulang rusuk yang juga berperan dalam mengatur tekanan darah, serta fungsi-fungsi penting lainnya pada tubuh.

Lantas apakah yang dimaksud dengan kista ginjal?

Dilansir dari Alodokter, pengertian kista ginjal merupakan gangguan yang terjadi pada ginjal yang disebabkan munculnya kantung berisi cairan (kista) di dalam jaringan ginjal. Kista ginjal bisa muncul di salah satu atau bahkan kedua ginjal.

Kondisi ini pada umumnya tidaklah berbahaya bagi kesehatan dan tidak akan menunjukkan gejala apa pun. Bahkan kebanyakan kasus, kista justru mengecil dan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, beberapa kasus yang langka, kista bisa saja tumbuh semakin membesar dan mengganggu fungsi ginjal. Ironisnya, tidak menutup kemungkinan kista bisa berkembang menjadi tumor yang bersifat kanker. Untuk kista yang lebih besar dan memicu gejala lain, diperlukan penanganan medis khusus untuk mengatasi ginjal, seperti penyedotan cairan kista dan juga operasi.

Faktanya kista ginjal merupakan kondisi yang sangat jarang terjadi. Diperkirakan kondisi tersebut memengaruhi sekitar 5% dari populasi secara umum. 

Selain hal tersebut, kondisi ini juga lebih umum terjadi pada pria dan memengaruhi sekitar 65-70% dari massa ginjal. Sementara orang yang telah berusia lanjut jauh lebih rentan terhadap kondisi ini di dalam ginjalnya, kemungkinan hingga 25-33%.

Dilansir dari Hellosehat, terdapat tiga jenis utama dari kista ginjal, yakni:

  1. Penyakit Polikistik Ginjal.

Kondisi polikistik ginjal ini biasanya adalah turunan dari anggota keluarga. Diduga memiliki mutasi genetic yang menyebabkan jaringan kantung (kista) tumbuh di dalam ginjal. Biasanya, kondisi ini akan menyerang kedua bagian ginjal.

Kista yang ada dalam kondisi ini sedikit berbahaya dan biasanya akan muncul dalam jumlah yang banyak.

  1. Penyakit Kista Ginjal Meduler.

Penyakit kista ginjal meduler ini diturunkan juga dari anggota keluarga dengan penyakit yang sama. Kista tumbuh dan berkembang pada bagian dalam (medula) ginjal. Kondisi inilah yang biasanya menjadi salah satu penyebab gagal ginjal pada beberapa orang yang telah berusia 20-50 tahun.

  1. Medullary Sponge Kidney.

Pada kondisi ini, kista akan berkmbang di saluran urin (tubulus) ginjal. Kondisi ini pun biasanya muncul sejak lahir, sehingga memiliki kemungkinan jika jenis kista ini pun juga diturunkan oleh anggota keluarga.

Sementara di sisi lain terdapat tanda-tanda serta gejala pada kista ginjal. Kista ginjal termasuk kondisi yang mungkin tidak menimbulkan gejala apabila kista yang tumbuh tidak berukuran besar. Namun, apabila kista tumbuh cukup besar kemungkinan akan menjadi masalah. Berikut mengenai tanda-tanda serta gejala yang paling sering muncul saat kista mulai membesar:

  • Pada bagian perut Anda akan muncul tonjolan yang disebabkan oleh kista.
  • Perasaan tidak nyaman karena dipicu oleh nyeri pada bagian perut atau sisi perut.
  • Darah pada urin.
  • Anda akan sering buang air kecil.
  • Tekanan darah akan tinggi, sayangnya hal ini belum diketahui kaitannya.
  • Kadangkala gejala sangat ringan sehingga orang yang menderita penyakit ini akan hidup sepanjang usia mereka tanpa diketahui jika mereka memiliki kista ginjal.

Tanda-tanda serta gejala yang ada di atas, kemungkinan hanyalah sebagian saja. Apabila Anda mempunyai kekhawatiran tentang gejala tertentu, maka konsultasikanlah dengan dokter.

Sekian pembahasan mengenai pengertian kista ginjal serta tanda-tanda dan gejala yang terjadi karena penyakit satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *