Kenali Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa pun. Penyebab sakit kepala umumnya bukan penyakit serius, tetapi dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh keadaan darurat. Secara umum, sakit kepala dapat disebabkan oleh aktivitas yang sedang dilakukan atau keadaan yang sedang dialami. Berikut beberapa pemicu sakit kepala:

Dehidrasi
Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala. Gejala lain jika terjadi dehidrasi yang biasanya disertai dengan berkeringat, mual atau merasa sangat haus.

Sinar dari Layar
Konfrontasi berkepanjangan dengan layar komputer atau TV dapat membuat mata Anda tegang dan menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini dapat dikurangi dengan mempertajam mata atau memalingkan muka dari layar selama beberapa menit.

Telat makan
Melewatkan makan akan memastikan bahwa asupan nutrisi ke otak tidak berjalan dengan baik, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Kurang tidur
Sakit kepala yang biasanya dialami di pagi hari dapat disebabkan oleh kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk.

Pengaruh hormon
Menurunkan kadar estrogen dapat mengubah pelepasan bahan kimia otak yang menyebabkan sakit kepala.

Postur Tubuh
Postur yang buruk saat duduk atau tidur dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh bagian atas, leher dan bahu, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Kurang olahraga
Berlari atau bersepeda dapat melepaskan hormon nyeri yang disebut endorfin.

Stress
Stres menyebabkan otot-otot dalam tubuh berkontraksi dan meningkatkan kadar zat kimia otak yang menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang terasa tegang sering terjadi pada orang yang mengalami stres.

Suara keras atau berisik
Suara yang sangat keras atau berkepanjangan dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala lainnya. Kebisingan atau kebisingan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala primer
Sakit kepala primer disebabkan oleh gangguan saraf, pembuluh darah atau senyawa kimia yang menyebabkan sinyal nyeri otak. Sakit kepala primer tidak berhubungan dengan penyakit lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *